Sabtu, 17 Juni 2017

Sejarah Dan Pengertian Sundel Bolong

Mysteriterpercaya:Pengertian Sundel Bolong - Hantu Sundel Bolong Masih sama dengan hantu Indonesia pada lainnya, tapi si Sundel bolong digambarkan sebagai wanita cantik berambut panjang dan bergaun panjang warna putih. Tentu saja dengan wajah yang amat menyeramkan ditambah lagi dengan bolong ("berlubang tembus") di bagian punggungnya. Rambut panjangnya akan sedikit menutupi bagian yang bolong dan organ-organ tubuh bagian perut pun terlihat.

Sebenarnya Mitos hantu sundel bolong ini juga sudah terkenal sampai di negeri Jiran Malaysia. Imigran-imigran nusantara lalu membawa cerita yang berkembang disana. Diduga bahwa mitos ini diciptakan dan disebarkan di nusantara untuk menghindarkan wanita-wanita yang berjalan sendirian saat malam hari di pedesaan dari gangguan laki-laki yang akan berniat jahat, terutama untuk memperkosa.

Sundel Bolong jika kita artikan secara langsung mempunyai arti "Sundal" yang umumnya merujuk kepada "wanita jalang" atau juga "pelacur", sementara itu "Bolong" diambil dari bahasa jawa yang di artikan "berlubang tembus".

Pengertian dari Sundel Bolong adalah suatu mahluk halus yang sosoknya menyerupai dari kuntilanak, berambut panjang dan berpakaian serba putih panjang sampai ke tanah. Jumlahnya tidak banyak. Biasanya hidup sendirian di atas pohon besar.

Perbedanya dengan Kuntilanak adalah Sundel Bolong ini mempunyai punggung yang berlubang dan wajahnya amat menakutkan. Jika kita lewat di dekatnya, dari tempat keberadaannya sering tercium bau busuk atau bau amis. Sundel Bolong mempunyai kekuatan gaib setingkat dengan makluk halus kuntilanak.



Sejarah Dan Pengertian Sundel Bolong

Dalam versi Indonesianya, hantu sundel bolong ini merupakan arwah penasaran dari wanita yang mati karena diperkosa. Ia lalu melahirkan anaknya di dalam kuburan. Mitosnya lagi, Si Sundel ini bolong suka mencuri bayi-bayi yang baru saja dilahirkan. Konon menurut cerita yang turun temurun,setan sundel bolong ini menyukai ari-ari dari bayi.

Karena sama-sama mempunyai rambut yang panjang dan memakai baju putih, banyak yang mengira jika Si Sundel bolong sama dengan si Kuntilanak. Bolong yang terdapat pada punggungnya menjadi pembedaan antara keduanya. Lubang ini tercipta karena si sundel bolong melahirkan anaknya lewat punggung, Mitosnya, Sundel bolong sangat malu dengan lubang yang ada pada badannya dan selalu berusaha untuk menutupinya.Tetapi keduanya sama-sama sangat menyeramkan.

Perwujutan ini sangat lah kuat digambarkan di dalam film horor Indonesia pada tahun 80-an dimana banyak diperankan oleh aktris kawakan Suzanna. Tidak sedikit film horor dari Indonesia yang telah menggunakan sundel bolong sebagai pokok dalam cerita, namun yang dianggap telah memopulerkan sundel bolong adalah film Sundel bolong tahun 1981 dari Rapi Film yang di sutradarai oleh maestro film Sisworo Gautama Putra dan dibintangi oleh Suzanna yang telah dikenal sebagai "Ratu Horor" Indonesia waktu itu.

demikian Sejarah dari Misteri Hantu Sundel Bolong. Tidak banyak referensi yang menggambarkan sepak terjang hantu sundel bolong. Mendekatkan diri terhadap Tuhan menjadi cara ampuh agar terhindar dari Hantu Sundel Bolong.



0 komentar:

Posting Komentar